Tiket Masuk Lokasi Taman Sari Jogja Terbaru 2020

Taman Sari Yogyakarta Sejarah Fasilitas Dan Harga Tiket Masuk
Wisata Taman Sari Jogja merupakan tempat Sejarah dan sekaligus Menjadi tempat Wisata di Jogja dengan bangunan yang unik. Taman Sari jogja, dahulu bukan hanya sekedarTaman Sari Jogja kini telah menjadi landmark bagi Daerah Istimewa Yogyakarta. Konsep gaya arsitektur di taman sari berbeda dengan konsep arsitektur di dalam keraton Jogja. Hal ini karena bangunan di taman sari lebih condong tematik  dan unik yang lebih mengutamakan bagian pemandian yang saat ini memiliki julukan ( Istana Air Jogja)


Taman Sari jogja bukan sekedar taman rekreasi semata, melainkan Dulu juga di gunakan sebagai benteng pertahanan. terlihat dari tembok mesjid taman yang tebalnya mencapai  hingga 125 cm

Kebun ini dibangun pada zaman Sultan Hamengku Buwono I (HB I) pada tahun 1758-1765/9. Awalnya, taman yang mendapat sebutan The Fragrant Garden


taman sari jogja memiliki luas lebih dari 10 hektar dan memiliki sekitar 57 bangunan baik berupa gedung, kolam pemandian, jembatan gantung, kanal air, maupun danau buatan beserta pulau buatan dan lorong bawah air.

Lokasi taman sari yogyakarta
Alamat: Wisata Taman Sari Jalan Tamanan, Patehan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Taman Sari Jogja buka jam berapa
Jam Buka Taman Sari Yogyakarta
Tempat ini bisa Wisatawan kunjungi setiap hari. Dengan Jam operasional Taman Sari mulai pukul 09.00 – 15.00 WIB.
Jam buka :  Setiap Hari


Harga Tiket masuk taman sari jogja
untuk biaya tiket masuk taman sari terbilang cukup murah dengan biaya sebesar Rp. Rp. 5.000 untuk wisatawan Domestic, sedangkan untuk wisatawan Asing  Rp. 7.000 kita sudah bisa menikmati Keindahan Taman sari.

Baca Juga :Tempat Wisata Jogja Malioboro Malam Hari

Fasilitas Taman Sari Jogja
fasilitas yang di sediakan untuk wisatawan sangat komplit mulai dari Area parkir yang luas, Toilet umum, tempat sphot photo menari, pemandu wisata dan toko Cenderamata


Daya tarik Taman Sari Yogyakarta
banyak sekali daya tarik di taman Sari ini, karena banyak memiliki bangunan yang sangat bagus dengan arsiktertur yang unik dan dapat langsung di nikmati keindahannya buat wisatawan di anatara sebagai berikut :

1. Kolam Taman Sari Jogja
Setelah melewati gerbang utama, wisatawan akan disapa oleh  2 buah kolam. Dua kolam dekat pintu gerbang tersebut merupakan salah satu dari tiga kolam di taman sari Yogyakarta.
Masing Maisng dari 3 kolam ini mempunyai  nama dan fungsi yang berbeda. Umbul Panguras kolam untuk Raja, sedangkan Umbul Kawitan untuk Putri-putri raja. Umbul Pamucar untuk para selir-selir raja.


Di sekitar kolam ini dihiasi oleh berbagai ornamen mirip air mancur dengan bentuk seperti kepala Naga dengan di sekelilingnya dan dihiasi pot-pot bunga.

2. Pulo Kenongo
Di tengah-tengah Segaran terdapat sebuah pulau buatan (Pulo Kenongo) yang ditanami pohon Kenanga Di atas pulau buatan didirikan sebuah gedung berlantai dua atau Gedhong Kenongo, Gedung terbesar di bagian pertama ini cukup tinggi. Dari anjungan tertingginya wisatawan dapat mengamati kawasan Keraton Yogyakarta dan sekitarnya sampai ke luar benteng baluwarti


Konon Gedhong Kenongo ini terdiri dari beberapa ruangan dengan fungsi yang berbeda. Dari jauh gedung ini terlihat seperti mengambang di atas air Oleh karenanya tidak mengherankan jika kemudian Taman Sari dijuluki dengan nama (Istana Air)

Di sebelah selatan Pulo Kenongo juga terdapat sebuah deratan bangunan kecil yang disebut dengan Tajug. Bangunan ini merupakan menara ventilasi udara bagi terowongan bawah air. Terowongan ini juga merupakan jalan masuk menuju Pulo Kenongo, selain menggunakan sampan/perahu mengarungi danau buatan. Dahulu di bagian barat pulau buatan tersebut juga terdapat terowongan

3. Sumur Gumuling
Wisata Positive Sumur Gumuling ini menjadi salah satu bagian unik yang tak pernah terlewat oleh sorot bidikan kamera wisatawan, di Taman Sari Jogja Walaupun bernama sumur namun sebenarnya bangunan ini merupakan bagian dari masjid bawah tanah. Anda mungkin terkejut saat mengetahui bahwa bangunan ini sebenarnya adalah masjid karena desainnya yang unik dan tidak nampak seperti masjid pada umumnya.


Bangunan berlantai 2 ini hanya dapat dimasuki melalui terowongan bawah air saja. Sumur Gumuling pada masanya juga difungsikankan sebagai Masjid. Di kedua lantainya ditemukan sebuah ceruk di dinding yang konon digunakan sebagai mihrab, atau tempat imam memimpin salat. Di bagian tengah bangunan yang terbuka, terdapat empat buah jenjang naik dan bertemu di bagian tengah. Dari pertemuan keempat jenjang tersebut terdapat satu jenjang lagi yang menuju lantai dua. Di bawah pertemuan empat jenjang tersebut terdapat kolam kecil yang konon digunakan untuk tempat berwudu.

Baca Juga : Jogja Bay Waterpark
Share:

Data Status Covid-19

TOTAL POSITIF
ORANG
Positif
TOTAL SEMBUH
ORANG
Sembuh
TOTAL MENINGGAL
ORANG
Meninggal
INDONESIA

POSITIF , SEMBUH , MENINGGAL

Indonesia
Sumber data : Kementerian Kesehatan & JHU. Update terakhir :

HISTATS