Tiket Masuk Lokasi Pantai Parangtritis Jogja Terbaru 2020

Pantai Parangtritis Yogyakarta
Wisata Pantai Parangtritis merupakan objek wisata yang Sangat terkenal di Yogyakarta
Salah satu destinasi wisata terfavorit di kawasan Yogyakarta ini memang tidak pernah dilupakan oleh para wisatawan, dimana karena ukurannya yang cukup luas membuat Pantai ini menawarkan aktivitas yang tidak terbatas bagi para wisatawan seperti mengelilingi pantai dengan menggunakan motor ATV, Kuda maupun Delman, melakukan olahraga seperti sepak bola di pasir, bermain di pinggir ombak, bermain layangan, atau sekedar duduk-duduk sambil menikmati suasana Pantai Parangtritis yang begitu Indah.

Wisata Pantai Parangtritis terletak 27 km selatan Kota Jogja dan mudah dicapai dengan transportasi umum yang beroperasi hingga pk 17.00 maupun kendaraan pribadi. Sore menjelang matahari terbenam adalah saat terbaik untuk mengunjungi pantai paling terkenal di Yogyakarta ini. Namun bila Anda tiba lebih cepat, tak ada salahnya untuk naik ke Tebing Gembirawati di belakang pantai ini. Dari sana kita bisa melihat seluruh area Pantai Parangtritis, laut selatan, hingga ke batas cakrawala.



Keindahan Pantai Parangtritis memang tidak dapat diraguka lagi, karena setiap harinya dikunjungi oleh ribuan wisatawan yang berbondong-bondong untuk melihat pantai di laut selatan jawa ini.

Lokasi pantai parangtritis
Alamat Pantai Parangtritis Jl. Parangtritis Km. 28 Parangtritis Yogyakarta INDONESIA 55188

Tiket masuk pantai parangtritis
Wisata Positive Untuk setiap pengunjung di kenakan Biaya masuk ke pantai ini sebesar
Rp5.000 Per-orang dan untuk Parkir kendaraan roda dua (Motor) Rp2.000, sedangkan untuk Parkir Mobil Rp3.000

Fasilitas pantai parangtritis
fasilitas di pantai parangtritis terbilang cukup baik di antarannya :
kamar mandi umum
Area parkiran yang luas
Spot Photo yang menarik
makanan kuliner pantai

keistimewaan pantai parangtritis



Banyak sekali Aktifitas yang bisa di lakukan oleh para pengunjung pantai parangtriris, mulai dari bermain di Air menikmati suasana udara segar dan masih banyak lainnya.

Baca Juga : Pantai Parangtritis Yogyakarta


jika Anda berkesempatan pergi liburan ke Yogyakarta, jangan lupa untuk mampir Pantai Parangtritis ya gaess Salah satu destinasi wisata yang wajib untuk Anda sambangi ketika berlibur di Yogyakarta yakni Pantai Parangtritis.


Dari Pantai Parangtritis banyak aktivitas liburan menarik yang dapat Anda nikmati bersama keluarga dan sahabat Mulai dari naik kereta kuda, wisata kuliner sampai dengan berburu panorama sunset yang begitu indah di kala senja.

Sejarah Pantai Parangtritis Yogyakarta
Pantai Parangtritis, adalah sebuah pantai di pesisir Samudra Hindia yang terletak kira-kira 27 kilometer sebelah selatan kota Yogyakarta.Parangtritis merupakan objek wisata pantai yang cukup terkenal di Yogyakarta selain objek pantai lainnya seperti Samas, Depok, Baron, Kukup, Krakal, dll. Sebenarnya di wilayah pesisir selatan Jogja terdapat sekitar 13 obyek wisata pantai yang semuanya memiliki pesona wisata. Namun entah mengapa Parangtritis yang menempati urutan pertama dalam angka kunjungan wisata, dibanding pantai-pantai lainnya. Mungkin dikarenakan Parangtritis mempunyai keunikan pemandangan yang tidak terdapat pada objek wisata lainnya yaitu selain ombak yang besar juga adanya gunung pasir yang tinngi di sekitar pantai, dimana gunung pasir tersebut biasa disebut gumuk.


Kepercayaan masyarakat setempat tentang legenda Nyi Roro Kidul juga dengan sendirinya melahirkan pesona tersendiri sehingga mampu menyedot jumlah wisatawan lebih besar dibanding pantai-pantai lainnya. Ada kepercayaan unik di Parangtritis. Boleh percaya boleh tidak bahwa memakai pakaian berwarna hijau di Parangtritis bisa membawa petaka. Menurut kepercayaan masyarakat setempat warna hijau adalah warna kesukaan Nyi Roro Kidul, sehingga dikhawatirkan yang memakai baju / kaos hijau akan diseret ombak ke laut karena dikehendaki oleh sang penguasa laut selatan. Adapun kebenarannya, wallahu alam bishawab.
Nama Parangtritis mempunyai sejarah tersendiri. Syahdan, jaman dahulu kala seseorang pangeran bernama Dipokusumo yang melarikan diri dari Kerajaan Majapahit datang ke daerah tersebut untuk melakukan semedi. Ketika melihat tetesan-tetesan air yang mengalir dari celah batu karang, ia pun menamai daerah ini menjadi parangtritis, dari kata parang yg artinya batu dan tumaritis yang bisa diartikan sebagai tetesan air.Banyak sisi menarik apabila kita berwisata ke Parangtritis. Pemandangan alamnya yang indah tentu saja yang menjadi sajian utama. Untuk menikmatinya, kita bisa sekedar berjalan kaki menyusuri pantai. Atau jika nggak mau capai kita juga bisa menyewa jasa bendi yang akan mengantar kita melewati rute serupa. Selain bendi ada pula tawaran menunggang kuda untuk menjelajahi pantai.

Legenda Pantai Parangtritis
Selain kisah misteri tentang Nyai Roro Kidul, Pantai Parangtritis juga diceritakan sebagai tempat bertemunya Panembahan Senopati dengan Sunan Kalijaga setelah Panembahan Senopati usai menjalani pertapaan. Jadi, wajar jika selain sebagai tempat rekreasi, Parangtritis juga menjadi lokasi yang penuh keramat. Tidak sedikit ada pengunjung yang datang untuk bermeditasi. Pantai ini juga menjadi salah satu tempat berlangsungnya upacara Labuhan dari Kraton Jogjakarta.


Baca Juga : Daftar Wisata Pantai Gunung kidul Terbaru 2020
Share:

Data Status Covid-19

TOTAL POSITIF
ORANG
Positif
TOTAL SEMBUH
ORANG
Sembuh
TOTAL MENINGGAL
ORANG
Meninggal
INDONESIA

POSITIF , SEMBUH , MENINGGAL

Indonesia
Sumber data : Kementerian Kesehatan & JHU. Update terakhir :

HISTATS