Tiket Masuk Lokasi Wisata Sejarah Goa Selarong Yogyakarta Terbaru 2020

Goa Selarong Bantul Baerah Istimewa Yogyakarta 
merupakan goa bersejarah dan kini sekaligus menjadi tempat wisata yang wajib anda kunjungi saat berlibur ke Kota Yogyakarta dan mempunyai pesona keindahan tersendiri., Goa Selarong dulu digunakan sebagai benteng pertahanan Pangeran Diponegoro dengan pasukannya, oleh sebab itu goa ini disebut juga dengan Goa Diponegoro.


Teks Sejarah Goa Selarong gua selarong dulu merupakan markas persembunyian dari Pangeran Diponegoro dari serangan Belanda. pada tahun berapa pangeran diponegoro memanfaatkan goa selarong sebagai tempat persinggahan Perang tersebut berlangsung dari tahun 1825 sampai tahun 1830, Goa Selarong dulu digunakan sebagai benteng pertahanan Pangeran Diponegoro
yaitu berawal dari kisah perjuangan Pangeran Diponogero yang bersembunyi dari serangan Belanda. Karena Pangeran Diponegoro kalah dalam senjata dan pasukan, di goa inilah Pangeran Diponegoro menyusun strategi perang gerilya. jika Dilihat dari luar Goa Selarong, tempat ini terlihat seperti goa yang buntu, akan tetapi ketika Pangeran Diponegoro dan pasukannya masuk tidak akan nampak dari luar.

Baca Juga : Puncak Segoro Gunungkidul

Goa Selarong ini terdapat patung Pangeran Diponegoro yang diletakkan di gapura sebagai pahlawan Goa Selarong Bantul. Dalam patung tersebut Pangeran Diponegoro dipakaikan jubah hitam dengan posisi sedang menaiki kuda. Patung tersebut memiliki makna yaitu sebagai simbol Perjuangan dan keberanian Pangeran Diponegoro saat melawan tentara dari Belanda. Selain patung yang ada di gapura, ada juga patung Pangeran Diponegoro dengan jubah putih yang berada di dekat tempat parkir.


Goa Selarong ini berada di perbukitan kapur yang tingginya sekitar 35 meter. Di sekitar goa ini juga terdapat pohon-pohon yang tumbuh dengan lebat dan rindang. Goa Selarong ini letaknya sangat curam dan untuk mencapai goa ini wisatawan harus melewati beberapa ratus tangga sejauh 400an meter. Goa Selarong ini hanya memiliki lebar 3 meter saja. dan Tinggi goa ini tidak lebih dari 2 meter. Panjang goa ini sekitar 3 meter.

Baca Juga : Goa Pindul Gunungkidul

Goa yang dijadikan markas Pangeran Diponegoro ini berbentuk bukit batu dengan 2 lubang. Dulu kedua lubang itu dijadikan markas persembunyian oleh Pangeran Diponegoro ketika ia dikejar Belanda. Saat musim hujan tiba, anda dapat melihat air terjun Goa Selarong yang berada di dekat goa. Di Goa Selarong ini terdapat dua buah sendang yaitu Manik Moyo dan Umbul Moyo lho guys.

Goa Selarong ini seperti pintu gaib bagi Pangeran Diponegoro untuk bersmbunyi. dari Perang tersebut yang berlangsung pada tahun 1825 sampai tahun 1830. Sampai akhirnya Pangeran Diponegoro ditangkapn oleh pasukan Belanda dan diasingkan di Makasar sampai beliau wafat.


Menurut Cerita orang-orang Goa Selarong ini merupakan tempat yang cukup angker. Apalagi saat malam Jumat Kliwon atau malam Selasa Kliwon. Di dalam Goa Selarong tersebut terdapat suara gamelan yang sedang ditabuh. Terdapat larangan yang harus dihindari ketika anda berkunjung ke goa tersebut yaitu tidak menggunkana tempat ini sebagai pesugihan, karena jika anda mencoba hal tersebut maka anda bisa mendapat bencana besar.

Lokasi Goa Selarong
Alamat Goa Selarong : Jalan Goa Selarong, Kalak Ijo, Guwosari, Bantul Regency, Special Region of Yogyakarta Goa Selarong berada di Kabupaten Bantul, tepatnya di Dusun Kembangputihan, Pajangan, Bantul, Jogja. Untuk menuju Goa Selarong wisata Jogja ini wisatawan bisa menggunakan kendaraan pribadi motor atau mobil karena tidak ada angkutan umum yang melintasi obyek wisata sejarah ini. Namun jangan khawatir, karena jalan menuju ke tempat wisata di Jogja ini berupa jalan aspal yang mulus guys.


Rute Goa Selarong
Untuk mengunjungi gua yang juga dikenal dengan nama Goa Diponegoro ini, teman- teman dapat melalui beberapa rute. Namun yang lebih mudah adalah jika melalui rute Masjid Agung Bantul ke arah barat, kemudian menuju ke jalan Selarong.

Harga Tiket Masuk Goa Selarong
tiket masuk goa selarong bantul terbilang cukup murah, bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Goa Selarong Anda hanya akan dikenakan biaya sebesar Rp. 3000 per orang. Dengan harga tersebut wisatawan dapat menikmati keindahan alam sekitar di area Goa Selarong. Sedangkan untuk harga tiket parkir bagi wisatawan yang berkunjung ke tempai ini yaitu Rp. 50.00 - 10.000 untuk kendaraan Bus dan mobil dan Rp. Rp. 2.000 untuk kendaraan roda dua.


Fasilitas Goa Selarong
Fasilitas Goa Selarong terbilang cukup memadai buat wisatawan saat berkunjung ke tempat ini diantarannya : Tempat Area parkir yang luas, Toilet umum/kamar mandi, Tempat ibadah, Pendopo untuk beristirahat dan bersantai dan Area perkemahan atau camping
 
Daya Tarik Goa Selarong

Wisata Positive banyak sekali moment yang luar biasa saat anda berkunjung ke tempai ini lho guys


1. Keindahan Goa Selarong

tempat wisata yang satu ini tidak lain karena pesona keindahan alam yang berhasil menyita banyak perhatian wisatawan. Memasuki wilayah wisata di Goa Selarong Anda akan disuguhkan dengan patung pangeran Diponegoro yang menaiki kuda dan peta wisata Goa Selarong.

Setelah itu Anda harus berjalan sejauh 200m dan menaiki anak tangga yang cukup tinggi. Perjalanan tentu tidak membosankan karena Anda akan dimanjakan dengan rimbunnya pepohonan yang berwarna hijau dan bukit kapur. Setelah sampai di lokasi Anda akan semakin dimanjakan dengan keindahan goa dan seisinya.

2. Menikmati Air Terjun Goa Selarong

Selain lokasi wisata berupa goa, di dekat destinasi wisata ini juga terdapat air terjun yang dapat dikunjungi oleh wisatawan. Air terjun menyuguhkan keindahan luar biasa yang tidak boleh dilewatkan, apalagi air deras yang mengalir dari atas ketinggian menjadikan suasana semakin nyaman.


Gemericik air yang mengalir begitu menenangkan pikiran hingga lelah di pundak terasa hilang seketika. Namun ketika musim kemarau datang, debit air terjun tidak sederas biasanya. Meskipun begitu, air terjun tetap menarik untuk dikunjungi buat wisatawan.

3. Menikmati Hidangan di Area Goa Selarong

pengelolaan wisata Goa Selarong cukup baik dimana fasilitas dan pelayanan yang diberikan untuk wisatawan semakin lengkap dan memadai. Salah satu pelayanan yang diberikan yaitu adanya beberapa warung makan berjejeran di kawasan ini.


Setelah lelah berjalan menyusuri anak tangga atau menikmati gemericik air terjun, tidak ada salahnya jika Anda mencicipi berbagai macam hidangan makanan yang disajikan disana guys. Anda tidak hanya sekedar berwisata menikmati keindahan alamnya saja, tetapi sekaligus berwisata sambil menikmati kuliner.

Baca Juga : Wisata Candi Borobudur Yogyakarta


Share:

Data Status Covid-19

TOTAL POSITIF
ORANG
Positif
TOTAL SEMBUH
ORANG
Sembuh
TOTAL MENINGGAL
ORANG
Meninggal
INDONESIA

POSITIF , SEMBUH , MENINGGAL

Indonesia
Sumber data : Kementerian Kesehatan & JHU. Update terakhir :

HISTATS