Tiket Masuk Pantai Timang Gunung kidul Yogyakarta Terbaru 2020

Pantai Timang Gunung kidul
Pantai timang memiliki sebuah pemandangan eksotis dan sangat menawan dan di pantai ini memilik sebuah pulau yang bernama pulau timang. Pulau Timang yang ada di pantai ini memang tidak seperti pulau – pulau pada umumnya, yang biasanya pulau berupa sebidang tanah dengan pesisir yang berpasir. Namun pada pulau timang ini tidak lebih hanya berupa bongkahan batu karang dan tajam serta memiliki tebing yang sangat curam. Untuk menuju Pulau Timang ini Anda harus menyebrang dengan menggunakan semacam gondola tradisional atau kereta gantung yang terbuat dari kayu yang dirangkai  sedemikian rupa dengan menggunakan tambang tali plastik yang sangat kuat sehingga dapat menopang berat badan, namun dibutuhkan tenaga manusia oleh beberapa orang agar gondola tersebut bergerak ke arah Pulau Timang.


Lokasi Pantai Timang Gunung kidul
Alamat pantai timang terletak Padukuhan Danggolo, Desa Purwodadi,Kecamatan Tepu, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Baca Juga : Goa Pindul Gunung kidul

Harga Tiket Masuk Pantai Timang
 Pantai ini merupakan tempat yang tepat bagi anda melakukan liburan seru bersama keluarga atau dengan teman-teman anda. Terlebih lagi anda bisa menikmatinya dengan harga tiket masuk yang terbilang murah atau dengan kata lain sangat terjangkau.



Harga tiket untuk masuk ke obyek wisata Pantai Timang cukup murah wisatawan hanya akan dikenakan biaya sebesar Rp 10.000 dan harga tersebut termasuk harga tiket masuk ke pantai gunung kidul. Sedangakan untuk harga parkir Rp 2000 untuk sepeda motor, dan Rp 5000 untuk mobil dan Rp 15.000 untuk bus.

Fasilitas Pantai Timang
 Wisata Positive
Fasilitas pantai slili terbilang cupuk komplit lho gus buat sobat wisata diantarannya sebagai berikut
Wisata Positive
1. Parkiran yang luas
2. Tempat Beribadah
3. Toilet Umum
4. Kereta Gantung

Rute Pantai Timang

Perjalanan darat dari kota Yogyakarta ke Pantai Timang memerlukan waktu sekitar 2 jam. Jarak pantai Timang dari kota Wonosari (Kabupaten Gunungkidul) sekitar 35 km. Dari arah Wonosari pengunjung akan melalui jalan ke arah  Pantai Baron untuk dapat sampai tujuan. Dari pertigaan Mulo pengunjung berbelok dari semula ke arah pantai Baron menjadi ke Pantai Siung hingga menjumpai Pasar Dakbong.Setelah melewati pasar tersebut jalan jalanan mulai berganti dari aspal menjadi jalan tanah berbatu layaknya jalan untuk kompetisi off-road.Penggunaan sepeda motor untuk segala medan akan lebih memudahkan perjalanan.

Baca Juga : Pantai Nguluran Gunung kidul

Pantai ini diapit oleh pantai-pantai sepanjang pesisir daerah Tepus. Di sebelah barat pantai ini terdapat pantai-pantai yang sejajar dengan Timang diantaranya Pantai Seruni, Pantai Pok Tunggal, dan Pantai Ngetun.Di sebelah timur pantai ini terdapat Pantai Siung, dan Pantai Nglambor dan pantai-pantai yang ada di gunungkidul.


Seperti kebanyakan kebanyakan pantai di daerah gunung kidul pada umumnya, pantai Timang terdiri dari hamparan Pasir Putih dan tumbuhan Pandan di sekelilingnya
Pantai Timang terdiri dari dua bagian pantai
Bagian pertama disebelah timur merupakan pantai berpasir putih yang sama dengan pantai-pantai kebanyakan.Bagian kedua di sebelah barat berbentuk batu-batuan terjal (bukit) yang langsung berbatasan dengan laut.


Pada bagian inilah terdapat pemandangan pulau atau batu besar di seberang pantai.Pulau atau batu besar tersebut oleh masyarakat sekitar disebut sebagai Batu Panjang, Pulau Panjang dan Pulau Timang.Pulau Panjang dikenal sebagai tempat terbaik untuk berburu lobster oleh masyarakat sekitar.Pantai Timang dan pulau Panjang terhubung melalui Kereta Gantung yang digerakkan pada tali yang menghubungkan antara pantai dengan puncak pulau.Tali yang digunakan berdiameter 4 cm dan mempunyai panjang kurang lebih 200 meter. Masyarakat sekitar biasa menggunakan kereta gantung tersebut untuk pergi memancing ikan dan lobster di pulau Panjang

Kereta Gantung Di Pantai Timang

Pantai Timang Gunungkidul ini sebenarnya dibagi menjadi dua areal yang berbeda, pada bagian pertama berada di sebelah Timur yang merupakan pantai dengan pasir yang berwarna putih bersih sama dengan kebanyakan pantai putih lainnya. Sedangkan pada bagian kedua yang berada pada sisi bagian Barat berupa perbukitan batu-batuan yanng cukup terjal yang berbatasan langsung dengan laut. Pada pantai berbatu ini pemandangan akan sangat indah karena terdapat batu yang cukup besar berdiri kokoh di pinggir pantai. Batu besar atau pulau tersebut dikenal dengan nama Batu Panjang atau Pulau Panjang dan Pulau Timang.


Untuk sampai ke Pantai Timang, bisa menggunakan motor pribadi. Namun, jika tidak cukup berani melalui medannya, bisa menyewa ojek atau jeep yang sudah ada di sekitar daerah Pantai Timang.

Biaya sewa fasilitas di pantai timang
Naik jembatan: Rp100.000
Naik gondola: Rp150.000
Naik ojek: Rp50.000 (PP)
Sewa jeep: Rp350.000

Baca Juga : Wisata Pantai Ngobaran Gunung kidul

Bukit Karang
Pemandangan bebatuan karang di wisata pantai Timang memang sangat menarik untuk dinikmati. Biasanya, banyak wisatawan yang memanfaatkannya untuk foto bersama dengan teman dan saudara.


Pantai ini adalah dengan keberadaan sebuah bukit karang yang besar di pulau kecil yang letaknya tidak jauh dari pantai, di pulau ini juga sudah tersedia beberapa spot untuk berfoto. Pulau ini juga digunakan oleh para nelayan untuk mencari udang lobster.

Share:

Data Status Covid-19

TOTAL POSITIF
ORANG
Positif
TOTAL SEMBUH
ORANG
Sembuh
TOTAL MENINGGAL
ORANG
Meninggal
INDONESIA

POSITIF , SEMBUH , MENINGGAL

Indonesia
Sumber data : Kementerian Kesehatan & JHU. Update terakhir :

HISTATS