Tiket Masuk Lokasi Wisata Pantai Ngobaran Gunung kidul Jogja Review 2020

Sejarah Wisata Pantai Ngobaran Gunung kidul Jogja Terbaru 2020
Pantai Ngobaran berada di atas tebing dengan bangunan Pura seperti di Bali. Nuansa ini memang akan mengingatkan para pengunjung kepada salah satu obyek wisata Bali, yaitu Uluwatu. Dari atas Anda bisa melihat pemandangan lautan biru yang luas dan memantulkan sinar matahari berwarna keemasan. Di samping itu, terdapat banyak batu karang di bawah tebing dengan ukuran bervariasi.


Keunikan lain Pantai Ngobaran bisa kamu lihat dari sudut budaya dan agama. Nuansa Hindu, Buddha, dan Jawa sangat kental terasa di pantai ini. Pada tahun 2003, prasasti berupa gapura dan patung-patung Dewa khas Hindu dan Buddha yang didirikan untuk memperingati kehadiran keturunan Raja Brawijaya V di Pantai Ngobaran. Prasasti tersebut  diresmikan pada 17 Agustus 2004.


Di sebelah kiri prasasti, kamu akan menemukan Joglo yang merupakan tempat ibadah aliran Kejawan. Aliran Kejawan merujuk kepada salah satu putra Raja Brawijaya V, Bondan Kejawan. Di depan Joglo juga terdapat sebuah kotak batu yang sekarang dikenal sebagai Pura Segara Wukir. Pura tersebut dipercaya sebagai tempat Raja Brawijaya V melakukan ritual membakar diri.


Selain itu, kamu juga akan menemukan bangunan masjid berukuran 3×4 meter di depan Pura Segara Wukir. Masjid ini cukup unik karena bangunannya yang menghadap selatan bukan ke arah kiblat. Meski begitu, penduduk sekitar sudah memberi petunjuk arah kiblat bagi pengunjung yang ingin beribadah. Meski terdapat banyak kepercayaan, suasana Pantai Ngobaran tetap mencerminkan suasana harmonis antar penduduknya.

Lokasi Pantai Ngobaran
Alamat pantai ngobaran merupakan salah satu tempat wisata alam yang terletak di gugusan laut pantai selatan tepatnya di Desa Kanigoro, kecamatan Saptosari Kabupaten Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta


Tiket masuk pantai ngobaran
Untuk masuk di area Pantai Ngobaran, Anda tidak perlu membayar mahal. Dengan biaya harga Rp 5.000 per orang, Anda bisa masuk dan menikmati keindahan Pantai Ngobaran yang sangat menawan. Harga tiket masuk ini tidak termasuk biaya parkir. Untuk motor Rp 2.000 dan mobil Rp 10.000. sedangkan untuk kendaraan Bus sebesar Rp 15.000

Jam buka pantai ngobaran
Buka setiap hari : Buka 24 Jam

Rute Pantai Ngobaran
Buat wisatawan jarak lokasi pantai ngobaran sekitar 65 km dari kota Jogja, pantai Ngobaran bisa ditempuh perjalanan sekitar 1,5 jam. Medan jalannya pun cukup baik untuk sampai di tempat wisata ini


Fasilitas Pantai Ngobaran
Wisata Positive fasilitas pantai ngobaran terbilang cupuk komplit lho gus buat sobat wisata
banyak sekali yang bisa di lakukan saat berkunjung di tempat ini :
1. Parkiran yang luas
2. Tempat Beribadah
3. Toilet Umum
4. Gazebo
5. Makanan kuliner
6. Penginapan

Baca Juga : Pantai Ngandong Gunung kidul


Daya Tarik Pantai Ngobaran
Salah satu hal yang unik dari pantai Ngobaran adalah bahwa tempat ini terdapat pura
Pantai Ngobaran ini dikelilingi dengan tebing dan ditambah dengan debur ombak kecang yang menghasilkan pemandangan eksotis. Wisatawan juga dapat menuju puncak batu karang untuk mendapatkan spot foto terbaik.


Pantai ini juga digunakan untuk foto prewedding karena background nya yang sangat indah. Anda juga dapat pergi ke puncak bukit yang berada di Pantai Ngobaran ini, dari Atas puncak bukit anda akan disuguhkan oleh pemandangan pantai yang lebih luas dan mempesona.

Kuliner Pantai Ngobaran
anda dapat mencicipi landak laut yang dikenal sebagai hidangan laut yang memiliki cita rasa yang tinggi dalan dunia kuliner internasional. Landak laut sendiri memiliki rasa yang sama dengan kombinasi tiram dan kepiting.


Sejarah Pantai Ngobaran
Menurut Cerita dulu terdapat Kerajaan Majapahit yang diserang oleh pimpinan Kerajaan Demak yaitu Raden Patah yang merupakan putra Brawijaya V. Pada saat itu Brawijaya enggan melawan putra nya sendiri, Brawijaya V pun melarikan diri sampai di Pantai Ngobaran. Karena tidak menemukan jalan keluar dari Pantai Ngobaran, dia pun melakukan ritual pembakaran diri sendiri atau yang disebut ritual moksa.


Dalam upacara tersebut api yang dihasilkan membuat kobaran yang sangat besar. Maka dari itu muncul sebutan “Ngobaran”. Tetapi beberapa masyarakat setempat percaya jika Brawijaya V tidak membakar dirinya sendiri, karena yang ditemukan hanya tulang tulang anjing. Ritual tersebut dilakukan untuk mengelabui Raden Patah karena Brawijaya V tidak mau mengikuti ajaran islam. Tetapi dalam cerita lain juga disebutkan bahwa Raja Brawijaya V membakar dirinya dengan salah seorang istrinya.

Penginapan Pantai Ngobaran
Kampoeng Baron Art Resort Restaurant and Guesthouse
Alamat: Jl. Baron KM 21, Rejosari, Kemadang, Tanjungsari, Gunung Kidul, Yogyakarta 55881
Nomor telepon: 081392718897
Kampoeng Baron Guest House jaraknya sekitar 5,58 km dari Pantai Ngobaran. Resor bernuansa Jawa ini juga dekat dengan sederet pantai menarik lainnya seperti Pantai Baron, Pantai Kukup, Pantai Sepanjang, dan Pantai Drini.


Di Kampoeng Baron Art Resort Restaurant and Guesthouse tersedia beragam tipe kamar, seperti Cottage yang dibanderol dengan harga Rp 600 ribu per malam, Standard Double Rp 600 ribu per malam, Suite Room Rp 750 ribu per malam, Villa Omas Rp 1,4 juta per malam, dan yang paling mahal tipe Villa Ombo seharga Rp 1,8 juta per malam.

Selain menyediakan kamar-kamar yang bernuansa homey, Kampoeng Baron Guest House juga dilengkapi dengan sederet fasilitas lainnya seperti layanan kamar 24 jam, area parkir, kafe, restoran, meja, TV, kamar mandi dengan shower, area merokok, AC, hingga jasa antar jemput ke bandara.

Baca Juga : Pantai Nguluran Gunung kidul

Share:

Data Status Covid-19

TOTAL POSITIF
ORANG
Positif
TOTAL SEMBUH
ORANG
Sembuh
TOTAL MENINGGAL
ORANG
Meninggal
INDONESIA

POSITIF , SEMBUH , MENINGGAL

Indonesia
Sumber data : Kementerian Kesehatan & JHU. Update terakhir :

HISTATS