Sabtu, 28 Desember 2019

Candi Dieng Wonosobo Jawa Tengah

Candi Dieng Wonosobo

Wisata Candi Dieng Merupakan salah satu Destinasi wisata Andalan kota Wonosobo yang sangat Terkenal di Kalangan Internasional

Dieng merupakan wilayah Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara dan Dieng ("Dieng Wetan"), Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo. Wilayah ini merupakan salah satu wilayah paling terpencil di Jawa Tengah.

Lokasi Candi Dieng
Alamat: Bakal Buntu, Bakal, Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah
Jam Kunjung Wisatawan :
Buka 24 jam


Tiket Masuk Candi Dieng

harga tiket masuk candi dieng terbilang cukup murah lho guys buat sobat wisata sekalian hanya dengan Rp 10.000 per orang anda sudah bisa menikmati indahnya candi di atas awan. Tiket tersebut juga sekaligus tiket masuk kawah sikidang.
Dieng terdiri dari dua atau lebih gunung berapi serta banyak kawah dan puncak kecil lainnya.


Dieng memiliki Ketinggian  sekitar 2.000 m di atas permukaan laut. Suhu berkisar 12—20 °C di siang hari dan 6—10 °C di malam hari. Pada musim kemarau Bulan (Juli dan Agustus), suhu udara dapat mencapai 0 °C di pagi hari dan memunculkan embun beku. oleh penduduk setempat disebut bun upas ("embun racun") karena menyebabkan kerusakan pada tanaman pertanian.

Dataran Tinggi Dieng adalah kawasan vulkanik aktif di Jawa Tengah, yang masuk wilayah Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo. Letaknya berada di sebelah barat kompleks Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing.



oh ya guys saat Berkunjung ke Dieng jangan lupa mencoba makanan Khas Dieng yang satu ini, salah satunya adalah

Carica Khas Dieng


Carica di buat dengan buah carica yang sudah matang, buahnya seperi pepaya.dan bisa langsung di nikmati wisatawan, makanan khas kota Wonosobo yang satu ini.

Spot Photo menarik di Dieng Wonosobo


wisatawan bisa menikmati suasana keindahan candi Dieng dengan berbagai spot photo menarik yang bisa di abadikan dengan camera smartphone, banyak sekali moment-moment yang tidak terlupakan saat berkunjung ke Negeri di Atas Awan
 

Setiap Harinya banyak sekali di kunjungi wisataman Lokal maupun Mancanegara banyak sekali yang mengabadikan Moment saat berkunjung ke Wonosobo Negeri Di Atas Awan

Sejarah Candi Dieng Wonosobo

Candi Dieng merupakan sebuah kompleks Candi yang berada di dataran tinggi dieng yang berada pada ketinggian 2000 meter diatas permukaan laut. Kompleks Candi ini juga merupakan salah satu candi tertua di Jawa yang dibangun sekitar abad ke 7 hingga abad ke-9 Masehi. Area kompleks candi ini juga memiliki wilayah yang cukup luas, memiliki panjang hampir 1900 meter dan lebar sekitar 800 meter.

merupakan candi peninggalan agama hindu  yang beraliran Syiwa,  diperkirakan dibangun pada masa pemerintahan kerajaan Kalingga pada masa dinasti Wangsa Sanjaya.

Candi dieng terdiri dari delapan candi yang berukuran kecil. Hingga saat ini, nama candi dan sejarah berdirinya candi-candi di Dieng masih menjadi misteri, karena minimnya sumber dan masih sedikitnya penemuan prasasti-prasasti yang mengungkap sejarah di balik berdirinya candi tersebut. Namun, masyarakat lokal menamainya dengan tokoh-tokoh pewayangan yang terkenal, seperti Arjuna, Gatutkaca, Dwarawati, dan Bima.

Sejarah Candi Dieng diawali dengan penemuan sebuah prasasti yang berangka tahun 808. Prasasti tersebut merupakan prasasti tertua dengan tulisan Jawa Kuno. Jadi para ilmuwan menyimpulkan Candi Dieng dibangun pada pemerintahan raja-raja Wangsa Sanjaya. Di kawasan candi dieng juga ditemukan arca dewa Syiwa yang saat ini di simpan di Museum Nasional Jakarta.

Previous Post
Next Post

0 komentar:

Posting Komentar